di Posting Tanggal 20-February-2017 | dibaca : (233) kali | suka : (32)
 

Oleh :Ali Nurrakhmad Siregar, ST, M.Sc Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan


            Siapa sangka kalau di Kabupaten Tapanuli Selatan terdapat pemandangan yang sangat eksotis berupa Kawah Belerang. Kawah Belerang ini berada di Kaki Gunung Sibual-buali tepatnya berada di Dusun Aek Horsik Desa Situmba Julu Kecamatan Sipirok. Terdapat beberapa kolam berisi air panas yang menggelegak dengan kadar Sulfur tinggi sehingga dapat dimanfaatkan pengunjung untuk merebus makanan seperti telur, pisang dan ubi. Keindahan Kawah Belerang Aek Horsik ini juga diperindah dengan mengalirnya anak sungai mengelilingi Kawah. Uniknya, anak sungai yang mengalir terdiri dari air dingin dan air hangat dan masyarakat yang berkunjung dapat memilih pemandian yang diinginkan, mandi dengan dingin dan sejuknya air pegunungan atau mandi air hangat yang bersumber dari air panas kawah yang bercampur dengan air sungai. Air hangat ini juga berguna untuk menyembuhkan penyakit kulit.

            Kawah Belerang ini tidak terlalu jauh berada dari jalan besar lintas Sipirok-Medan, ± 900 m dari tepi jalan. Hal yang menarik dari Kawah ini adalah karena dapat ditempuh dengan menaiki kendaraan roda empat langsung sampai pada tepi jurang. Lokasi Kawah Belerang yang lebar memanjakan pengunjung untuk bisa mengitari keseluruhan bukit belerang dikarenakan kondisi bebatuannya keras dan padat.

            Kawasan ini menjadi potensi pariwisata yang akan terus dikembangkan karena lokasinya yang berada berdekatan dengan objek wisata lain di sekitar Kota Sipirok. Banyaknya peluang investasi unggulan dapat dijadikan sumber usaha bagi para investor antara lain usaha agro wisata disekitaran jalan menuju kawah dengan produk buah seperti buah naga, jeruk, strawbery ataupun ladang sayur-sayuran, rumah makan dan kedai minuman, hotel, wisma, wisata permainan, agen perjalanan, dan penjualan souvenir. Tentunya, tidaklah lengkap kunjungan wisata ke Tapanuli Selatan apabila belum mengunjungi Wisata Kawah Belerang Aek Horsik.

        
 suka : (32)  |    dibaca : (233) kali
 
06-December-2016
KESEHATAN
06-December-2016
PERTANIAN
06-December-2016
PARIWISATA
05-December-2016
PENDUDUK
05-December-2016
KETENAGAKERJAAN
dispora.sumutprov.go.id
bahanpang.sumutprov.go.id
bkpmdsumut.go.id
kemenkeu.go.id
LPSE Tapsel
Provinsi Sumatera Utara
siMAYA
  • OS Anda : Unknown
  • Browser Anda : Unknown v.?
  • Pengunjung Hari kemaren : 36 pengunjung
  • Pengunjung Hari ini : 26 pengunjung
  • Pengunjung Sampai Hari ini : 103,751 pengunjung
  •