• Ramadhan 1439 H

 
 
di Posting Tanggal 25-February-2018 | dibaca : (178) kali | suka : (0)
 

Tapanuli Selatan - Dalam kurun waktu 6-7 tahun kebelakang sejak 2018 diperkirakan 12 ribu warga Tapanuli Selatan sudah menikmati listrik.


            Disela-sela peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) desa Gurahut, Kecamatan Aek Bilah, Minggu (25/2/18). Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu, mengatakan ke-12 ribu masyarakat yang sudah menikmati listrik itu bersumber dari PLTMH-PLTS terpusat di sejumlah desa yang ada di Kecamatan Aek Bilah. Syahrul mengatakan, sejak dia memimpin dua periode (2010-2015/2016-2021) Tapanuli Selatan sudah memiliki 19 unit PLTMH/PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) terpusat terpasang di daerah itu.

            "Kapasitas terbesar di Tapsel PLTMH Silangkitang Tambiski di Kecamatan SD.Hole mencapai 53 Kilowatt (53.000 watt) diresmikan Dirjen EBTKE Kementerian ESDM RI,"sebutnya. Sedang PLTMH Gurahut dengan tiga dusun (Gunting Pege, Ramba Padang dan Huta Tonga) yang diresmikan itu berkapasitas 22 Kw (22.000 watt)katanya," katanya. Antusias warga Desa Gurahut Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapanuli Selatan menyambut kehadiran Bupati Tapel Syahrul M.Pasaribu, Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu dan rombongan. Daya listrik PLTMH Gurahut yang dalam peresmiannya, Bupati Syahrul bersama Ketua Komisi VII DPRD-RI Gus Irawan Pasaribu dan Kementerian ESDM yang diwakili oleh pihak Dinas ESDM Provinsi Sumut Paulus Rajagukguk diperuntukkan 122 kepala keluarga di dusun Gunting Pege dan dusun Huta Tonga. Sedang dusun Ramba Padang sudah lebih dahulu menikmati PLTMH. Sebagai wujud syukur terbangunnya PLTMH itu Bupati meminta agar masyarakat khususnya desa Gurahut untuk tetap menjaga ekosistem sekitarnya. "Tolong hutan sebagai penyangga air di sekitar ini dijaga atau jangan ditebang karena air penting sebagai sumber utama PLTMH. Agar awet dan tahan lama juga tolong dirawat asset PLTMH ini dengan baik, apalagi asset ini sudah milik masyarakat," imbuh Syahrul. Sementara mewakili Dinas ESDM Provinsi Sumut Paulus Rajagukguk, mengatakan salut atas tingginya partisipasi masyarakat Tapanuli Selatan dalam mendukung program pembangunan di daerah itu. "Dari banyak daerah yang dimasuki program seperti ini baru kali ini saya melihat tingginya partisipasi masyarakat dalam mendorong dan mendukung serta mau bergotong royong demi percepatan pembangunan PLTMH," ujarnya. Sementara Ketua Komisi VII Gus Irawan Pasaribu dan Tokoh Masyarakat desa Gurahut Sutan Habonaran Siregar senada mengucapkan terimakasih banyak kepada Pemkab Tapanuli Selatan yang dipimpin oleh Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu yang begitu peduli terhadap rakyat dan pembangunan daerah itu. Sebelumnya rombongan Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu, Ketua TP. PKK Tapsel Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan, ESDM Provinsi Sumut Paulus Rajagukguk disambut antusias ratusan warga dengan acara adat gondang dan mangulosi, sebagai ungkapan rasa syukur warga atas adanya PLTMH dari program ESDM Provsu 2017 di desa itu.

            Hadir juga Forkopimcam, DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan Husin Sogot Simatupang, Syawal Pane, Kadis Perindustrian Tapsel Helmi, tokoh adat, tokoh agama, Karang Taruna, BKMT, PKK, pejabat jajaran Pemkab Tapsel dan naposo nauli bulung daerah itu.

        
 suka : (0)  |    dibaca : (178) kali
 
06-December-2016
KESEHATAN
06-December-2016
PERTANIAN
06-December-2016
PARIWISATA
05-December-2016
PENDUDUK
05-December-2016
KETENAGAKERJAAN
BPKPAD Kab. Tapsel
DPMPTSP Kab. Tapsel
BAPPEDA Kab. Tapsel
LPSE Tapsel
Provinsi Sumatera Utara
siMAYA
  • OS Anda : Unknown
  • Browser Anda : Unknown v.?
  • Pengunjung Hari kemaren : 103 pengunjung
  • Pengunjung Hari ini : 92 pengunjung
  • Pengunjung Sampai Hari ini : 139,273 pengunjung
  •