di Posting Tanggal 07-August-2018 | dibaca : (45) kali | suka : (0)
 

Tapsel - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo meresmikan Kecamatan Angkola Muaratais, kecamatan terbaru atau ke 15 di Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa (7/8). Peresmiannya ditandai pengguntingan pita, penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan merek Kantor Camat Angkola Muaratais oleh Pj. Gubsu.


            Eko Subowo yang juga Dirjen Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan, pembentukan Kecamatan Angkola Muaratais yang merupakan pemekaran Kecamatan Batang Angkola telah lama dinantikan semua pihak. Cukup panjang perjuangan yang dilalui para ‘pejuang’ pemekaran ini. Tentunya, telah banyak pula yang berjasa dalam proses realisasi pembentukan kecamatan yang terdiri dari 2 kelurahan dan 14 desa ini. Semua tidak terlepas dari komunikasi dan silaturahmi yang baik antar elemen di daerah, provinsi maupun pusat. Sehingga terpenuhi seluruh proses administrasi pembentukannya.

            “Terimkasih tak terhingga kepada bapak Haji Natimun, yang telah menyumbangkan tanah pertapakan perkantoran Kecamatan Angkola Muaratais. Semoga sumbangsih ini menjadi amal jariyah bagi bapak,” sebut Eko Subowo. Bupati Syahrul M Pasaribu berterimakasih kepada Pj. Gubsu, atas dedikasi dan seluruh dukungannya sehingga Kecamatan Angkola Muaratais terbentuk. “Perjuangan dimulai sejak tahun 2014. Namun baru setelah masa jabatan Pj. Gubsu inilah Kecamatan Angkola Muaratais terbentuk. Padahal baru 14 hari lalu saya mengkomunikasikannya dengan beliau,” jelas Syahrul. Dikatakan, berlarut -larutnya pemekaran ini, tidak lain karena masalah batas wilayah dengan Kabupaten Padanglawas Utara dan Kota Padangsidimpuan. Saat ini semuanya telah tuntas terselesaikan. Kantor Camat Angkola Muaratais sudah selesai dibangun pada Tahun 2017 lalu. Pada peresmian kecamatan baru sekaligus kantor baru ini, Bupati Tapsel menyematkan tanda jabatan Camat ‘pertama’ kepada AM Fadil Harahap yang sebelumnya Camat Kecamatan Sayurmatinggi. Sebelumnya tokoh adat Patuan Kumala Suangkupon Dalimunthe mewakili masyarakat mengatakan, selain karena ridho Allah SWT, terwujudnya Kecamatan Angkola Muaratais tidak lepas dari peran Syahrul Martua Pasaribu Bupati Tapsel. Juga para tokoh di perantauan yang peduli dengan kampung halaman.

            Disisi lain, Patuan Kumala juga memaparkan sejarah Muaratais sejak zaman dulu atau Tahun 1600 Masehi sampai akhirnya menjadi kecamatan dan diresmikan Pj. Gubsu. Turut menyampaikan sambutan, anggota Komisi II DPR RI Rambe Kamaruzzaman dan Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu. Hadir Wabup Tapsel Aswin Efendi Siregar, Sekdakab Parulian Nasution, Pj. Walikota Sidimpuan, Ketua Wali Amanat USU Panusunan Pasaribu, Forkopinda, OPD Provinsi dan Tapsel.

        
 suka : (0)  |    dibaca : (45) kali
 
06-December-2016
KESEHATAN
06-December-2016
PERTANIAN
06-December-2016
PARIWISATA
05-December-2016
PENDUDUK
05-December-2016
KETENAGAKERJAAN
BPKPAD Kab. Tapsel
DPMPTSP Kab. Tapsel
BAPPEDA Kab. Tapsel
LAPOR!
LPSE Tapsel
Provinsi Sumatera Utara
siMAYA
PPID TAPANULI SELATAN
  • OS Anda : Unknown
  • Browser Anda : Unknown v.?
  • Pengunjung Hari kemaren : 2,776 pengunjung
  • Pengunjung Hari ini : 1,650 pengunjung
  • Pengunjung Sampai Hari ini : 165,804 pengunjung
  •