di Posting Tanggal 13-September-2018 | dibaca : (135) kali | suka : (0)
 

Bupati Tapanuli Selatan H. Syahrul M Pasaribu SH yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Sekaligus Pengisian Formulir Evaluasi Dalam Rangka Penerimaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 yang berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Tapanuli Selatan Kamis (13/9).


            Dalam sambutannya saat membuka acara tersebut Bupati menyebutkan bahwa Pengarusatamaan Gender (PUG) adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia yang meliputi rumah tangga, masyarakat dan negara melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki kedalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan, "ujarnya. Untuk itu Syahrul berpesan demi percepatan tercapainya Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Tapanuli Selatan diperlukan responding gender disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan,"harapnya.

            Sementara Ketua Panitia Pokja Pengarusatamaan Gender (PUG)Kabupaten Tapanuli Selatan Abadi Siregar ST MT dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari rapat koordinasi tersebut adalah pentingnya komitmen dari masing-masing OPD di Tapsel dalam melakukan analisis pengarusutaraan gender pada program dan kegiatan diberbagai bidang pembangunan dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi sehingga dapat tercapai kesetaraan pembangunan manusia antara laki-laki dan perempuan, "imbuhnya. Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Kabupaten Tapanuli Selatan menegaskan bahwa tindak lanjut dari rapat koordinasi PUG tersebut nantinya akan digelar Pelatihan untuk Pelatih (TOT) terkait penyusunan program responsif gender dari tanggal 18-20 September 2018. Acara tersebut juga mengundang dua orang Nara Sumber dari Dinas PP & PA Provinsi Sumatera Utara Dra j. Marhamah M.Si dan Dosen dari Isipol Universitas Sumatera Utara Khairani Siregar S Sos Msp dan dihadiri oleh pimpinan OPD Tapsel, PKK Tapsel dan Camat se-Kabupaten Tapanuli Selatan.

            Kedua Narasumber tersebut mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan yang telah dua kali secara berturut-turut berhasil meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2016 dan 2017 lalu dan pada tahun 2018 ini ikut bersaing dengan Kabupaten/Kota lainnya untuk meraih APE di Tingkat Nasional. Seperti diketahui APE adalah Penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada kementrian, lembaga, pemerintah daerah provinsi dan kab/kota yang mempunyai komitmen yang tinggi dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui pelaksanaan strategi penfarusutamaan gender (PUG) diberbagai bidang kehidupan dan sektor pembangunan.

        
 suka : (0)  |    dibaca : (135) kali
 
06-December-2016
KESEHATAN
06-December-2016
PERTANIAN
06-December-2016
PARIWISATA
05-December-2016
PENDUDUK
05-December-2016
KETENAGAKERJAAN
BPKPAD Kab. Tapsel
DPMPTSP Kab. Tapsel
BAPPEDA Kab. Tapsel
LAPOR!
LPSE Tapsel
Provinsi Sumatera Utara
siMAYA
PPID TAPANULI SELATAN
  • OS Anda : Unknown
  • Browser Anda : Unknown v.?
  • Pengunjung Hari kemaren : 247 pengunjung
  • Pengunjung Hari ini : 127 pengunjung
  • Pengunjung Sampai Hari ini : 191,718 pengunjung
  •