Tim Evaluasi Desa Binaan Provsu Turun ke Empat Desa di Tapsel

Artikel | Senin, 25 Maret 2024

Share This :

Tim evaluasi desa binaan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) lakukan evaluasi secara serentak di empat desa yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) pada Senin (25/3).

Empat desa itu yakni, Aek Gunung Kecamatan Batang Angkola kategori Kesatuan Gerak PKK Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan, Sanggapati Kecamatan Angkola Timur kategori Lingkungan Bersih Sehat (LBS).

Kemudian Desa Simaninggir Kecamatan Sipirok kategori Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan Tarapung Raya, Kecamatan Muara Batang Toru kategori Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu).

Bupati Tapsel diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Sofyan Adil yang hadir di Desa Aek Gunung mengucapkan terimakasih dan sekaligus mengapresiasi seluruh jajaran TP. PKK, mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa, serta Dasawisma.

Sofyan juga berterimakasih kepada semua stakeholder yang telah ikut terlibat dalam proses pembinaan terhadap desa yang telah ditetapkan sesuai dengan kategori masing-masing.

Menurutnya, evaluasi menyeluruh terhadap program kerja sangat penting, agar program yang disusun dapat lebih efektif, tepat arah, dan tepat sasaran, serta berdaya dan berhasil guna secara optimal dan mampu merumuskan program strategis dan inovatif untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

“Oleh karena itu saya berharap, proses evaluasi yang akan dilakukan ini nantinya, telah memenuhi seluruh indikator penilaian sehingga mampu mengantarkan desa-desa yang telah ditunjuk keluar sebagai yang terbaik untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara,” harapnya.

Sehingga, imbuhnya, desa-desa ini dapat menjadi motivasi bagi desa lain sekaligus menjadi “role model” dalam standarisasi penataan administrasi dan fisik desa.

Sekretaris TP PKK Provsu selaku Ketua Tim Evaluasi Reza Pahlevi Lubis mengungkapkan rasa puas ketika melakukan evaluasi ke Tapanuli Selatan.

“Kami sangat senang melihat kekompakan yang dibangun Bupati Dolly dengan sesama OPD, kecamatan dan desa, yang telah bahu-membahu menyukseskan ketika mengadakan evaluasi desa binaan. Ini sungguh luar biasa menurut kami,” ujarnya.

Terkait hal-hal yang menjadi syarat penilaian Desa Aek Gunung sebagai desa binaan kategori PKK-KKBPK-KES, sudah lengkap dan patut diapresiasi.

“Seperti buku laporan, tanggapan seluruh stakeholder sudah cukup baik, tidak ada yang kurang, malahan banyak yang diluar ekspektasi, dan layak mendapat juara, jadi tunggu hasil pengumumannya,” tegasnya.

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan

 

Infografis

© 2024 Kab. Tapanuli Selatan
| Situs Resmi Pemerintah Kab. Tapanuli Selatan