Bupati Tapsel Dukung Perekrutan Pasukan Cadangan Militer

Artikel | Selasa, 24 Januari 2023

Share This :

Tapanuli Selatan (ANTARA) - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu mendukung perekrutan pasukan cadangan militer yang dikenal bagian dari komponen cadangan (Komcad).

"Demi menjaga keutuhan NKRI mengapa tidak," Bupati dalam keterangan diterima, Sabtu (21/1) setelah mengikuti sosialisasi Rekrutmen Personel Komcad Matra Darat Tahun 2023 secara virtual di Makodim 0212/TS, di Padang Sidempuan Jumat (20/1).

Komponen cadangan penting demi terjaganya keamanan, kedaulatan, dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau disingkat NKRI termasuk faham radikalisme.

"Komcad merupakan pasukan cadangan militer atau organisasi militer yang terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karir sipil (termasuk ASN)," jelasnya.

Pangdam I Bukit Barisan dalam sambutannya di wakili Kasdam Brigjen TNI Rifki Nawawi tegas mengatakan sosialisasi Komcad untuk menguatkan jiwa nasionalisme. "NKRI penting terjaga. Radikalisme dan terorisme yang tak pernah hilang dari Indonesia," katanya.

Sementara itu, Dirjen Pothan Kementrian Pertanahan RI Mayjen TNI Dadang Hendrayuda melalui daring menyampaikan Komcad adalah sebuah sikap cinta tanah air dan tidak dibayar tetapi sukarela.

Personel Komcad dari unsur ASN, Guru, Mahasiswa dan juga dari berbagai lapisan masyarakat. "Dan hal ini membuktikan  kita cukup cinta terhadap NKRI," katanya.

Program Komcad  ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia berusia 18-35 tahun yang ingin secara sukarela menjadi tentara cadangan. 

"Keberadaan Komcad tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 sebagai peraturan pelaksanaannya," katanya.

Infografis

© 2023 Kab. Tapanuli Selatan
| Situs Resmi Pemerintah Kab. Tapanuli Selatan